Kegiatan Pemeliharaan Turn Around Fasilitas Operasi PT Nusantara Regas

6/11/2019 2:00:00 PM

PT Nusantara Regas (“NR”) melaksanakan kegiatan perawatan fasilitas operasi rutin tahunan Turn Around (“TA”), pada tanggal 31 Mei sampai dengan 9 Juni 2019. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan di masa Lebaran dikarenakan dalam periode inilah kebutuhan gas pelanggan berkurang sehingga ada kesempatan untuk menghentikan sementara fasilitas operasi Floating Storage and Receiving Terminal (“FSRT”) dan Onshore Receiving Facility (“ORF”) di Muara Karang. Kegiatan pemeliharaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan kehandalan fasilitas FSRT dan ORF sehingga selama beroperasi setahun kedepan diharapkan tidak mengalami gangguan, dan mengingat FSRT adalah objek vital nasional yang menjadi penyalur gas untuk kebutuhan listrik di Ibukota DKI Jakarta.

Dalam masa TA ini Direktur Operasi dan Komersial NR Bara Frontasia beserta jajarannya melakukan Management Walkthrough (“MWT”) ke fasilitas operasi FSRT dan ORF di Muara Karang pada Senin 3 Juni 2019.  Dalam MWT tersebut, Bara beserta jajarannya berkesempatan melihat langsung kegiatan TA di FSRT antara lain di boiler, Distributed Control System, sistem regasifikasi, LNG Transfer, dan seawater lifting pump. Lalu MWT dilanjutkan ke fasilitas ORF di Muara Karang dan melihat kegiatan pemeliharaan sistim perpipaan dan elektrikal di fasilitas operasi tersebut. "MWT ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para pekerja dan mitra FSRT dan ORF yang menjalankan tugas di masa hari raya ini agar tetap mengutamakan HSE," ujar Bara.

Kegiatan TA tahun ini melibatkan 82 pekerja dan mitra dan tercatat jumlah jam kerja aman selama periode tersebut yaitu 3065 jam untuk FSRT dan 8056 jam untuk ORF Muara Karang. Tidak ada kejadian kecelakaan kerja selama TA berlangsung dan TA pun dapat diselesaikan dengan lebih cepat 10,44 jam dari jadwal yang direncanakan. Pada tanggal 9 Juni 2019 pukul 06.00 WIB telah dapat dilakukan penyaluran gas ke PJB Tanjung Priok, Muara Karang, dan Muara Tawar.