Nusantara Regas Raih Pencapaian 5 Juta Jam Kerja Aman dan Pengiriman Kargo ke-100

11/7/2016 2:03:13 PM

JAKARTA – Direktur Gas Pertamina sekaligus sebagai Komisaris Nusantara Regas Yenni Andayani mengapresiasi pencapaian yang diraih Nusantara Regas (NR)  karena mampu  melampaui 5 juta jam kerja aman dan mampu melakukan pengiriman kargo LNG ke-100 tanpa kendala. Hal tersebut disampaikan Yenni pada Appreciation Nights yang diselenggarakan Nusantara Regas, di Jakarta, pada (28/10).

“Apa yang dihasilkan Nusantara Regas menjadi bukti bahwa perusahaan ini mampu memiliki standar internasional dalam mengelola bisnisnya. Saya yakin Nusantara Regas bisa menjadi benchmark bukan cuma di Indonesia tapi juga di internasional,” ujarnya di hadapan  Manajemen NR,  Tim Pengawas Konsorsium FSRU serta mantan direksi dan dewan komisaris Nusantara Regas.

Sementara itu, Direktur Utama  PT Nusantara Regas Tammy Meidharma memaparkan pencapaian perusahaan sejak pengiriman kargo perdana pada tahun 2012 (commercial date) sebanyak 14 kargo, dan meningkat mulai tahun 2013 dengan adanya tambahan kargo dari Tangguh dan masih berlanjut sampai saat ini. Menurut Tammy, pengiriman kargo merupakan pencapaian penting bagi perusahaan dalam memenuhi komit¬men untuk memasok gas ke pasar domestik demi pemenuhan kebutuhan yang terus meningkat di Indonesia.  “Dan puncak pengiriman kargo ke-100 dari Bontang, bisa kami selesaikan dengan baik pada 9 April 2016,” jelasnya.

Tammy mengungkapkan, pencapaian tersebut merupakan salah satu wujud penerapan HSSE Excellent di Nusantara Regas. Hal itu dibuktikan dengan tidak ada kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan jumlah jam kerja aman 5.076.698 sejak 1 Januari 2011 sampai dengan Agustus 2016. Selain itu, untuk bidang pengendalian mutu dan kesehatan kerja, perusahaan telah mengembangkan HSSE Policy menjadi QHSSE Policy melalui “Pernyataan Kebijakan Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan Kesehatan Kerja, Ling¬kungan dan Pengamanan”.  Nusantara Re¬gas juga telah menetapkan Sistem Mana¬jemen Terpadu QHSSE.

Tahun 2016,   Nusantara Regas juga meraih berbagai penghargaan. Di antaranya, Patra Nirbhaya Karya Pratama dari Dirjen Migas Kementerian ESDM, Sertifikasi  Quality  Management  System  ISO  9001:2008,  En¬viron-mental  Management  System  ISO 14001:2004, Occupational Safety & Health Management System OHSAS 18001:2007 – TUV NORD dan Sertifikasi SMK3 PP 50 Tahun 2012 dengan pencapaian “Memuas¬kan” atau “Sertifikat dan Bendera Emas” – Sucofindo International Certification Services.

“Karena itulah, kami mengadakan Appreciation Nights sebagai bentuk apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pertamina dan PGN sebagai shareholder, Jajaran Komisaris, Jajaran Managemen NR,  Tim Pengawas Konsorsium FSRU serta Mantan Direksi dan Dewan Komisaris, serta seluruh pekerja Nusantara Regas,” jelas Tammy.

Penghargaan atas tercapainya 5 juta jam kerja aman dan pengiriman kargo ke-100 ini diberikan kepada seluruh fungsi PT Nusantara Regas yang diwakili oleh para General Manager. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Lili Yuliana dan Albar Sualudin atas kepedulian dalam membangun budaya HSSE Perusahaan melalui Pelaporan NR Observation Card terbaik.

Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja usaha masih bergerak secara positif dan mampu menghadapi tahun yang penuh tantangan. Dinamika pada perekonomian di tingkat global telah memberikan implikasi serius bagi situasi perekonomian nasional, yang pada akhirnya berimbas terhadap dunia usaha. Faktor eksternal ini merupakan kondisi yang tidak dapat dikontrol oleh perusahaan, sehingga Nusantara Regas harus senantiasa beradaptasi, melakukan penyesuaian, demi mempertahankan kinerja usaha yang maksimal