|

Profil CSR

Landasan dan Kebijakan

PT Nusantara Regas (Perusahaan) memandang bahwa pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan (TJSL) merupakan bagian dari komitmen dalam mewujudkan tata nilai Perusahaan, yaitu Integritas, Kepercayaan, Komitmen, Komitmen, dan Berwawasan Lingkungan. Melalui tata nilai tersebut, antara lain, Perusahaan berharap karyawan memiliki pola pikir dan tindakan yang berorientasi pada keseimbangan lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam.

Karena itulah, dengan kegiatan TJSL, Perusahaan dapat turut serta dalam membangun masyarakat, lingkungan, serta sumber daya manusia. Dengan peran serta dan kontribusi aktif dalam peningkatan kualitas kehidupan dan lingkungan, Perusahaan berharap mampu menciptakan dan menjaga hubungan yang harmonis serta bernilai manfaat. Kontribusi tersebut didedikasikan kepada masyarakat serta para pemangku kepentingan lainnya, sebagai komponen vital dalam keberlangsungan operasi Perusahaan.

Dalam pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya atau lebih umum dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR), Perusahaan mendasarkan diri pada sejumlah landasan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu:

  • UU Perseroan Nomor 40 Tahun 2007 Pasal 74 tentang kewajiban perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.
  • Peraturan Menteri BUMN Nomor 05/MBU/2007 perihal penggunaan anggaran sosial yang dialokasikan oleh BUMN dan anak perusahaannya.
  • Keputusan Direksi PT Nusantara Regas Nomor: 00701/NR/D000/Kpts/2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Program CSR, tanggal 15 Maret 2012.
  • Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Nusantara Regas Tahun 2012 yang dituangkan melalui Surat Keputusan Direksi Nomor: 00701/NR/D000/Kpts/2012. Secara khusus, kebijakan ini memuat komitmen Direksi terhadap penerapan CSR oleh Perusahaan diuraikan berikut ini:
  1. Kegiatan sosial Perusahaan merupakan refleksi dari nilai budaya yang terintegrasi dengan strategi bisnis di masa kini dan mendatang.
  2. Program sosial Perusahaan harus mampu memberikan manfaat bagi shareholder dan stakeholder.
  3. Program tanggung jawab sosial perusahaan diprioritaskan untuk membantu masyarakat secara bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat, untuk mengatasi permasalahan sosial di sekitar kegiatan bisnis perusahaan, yang tersirat dalam kebijakan Pedoman Pelaksanaan CSR PT Nusantara Regas.
  4. Perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial, yang dikembangkan dan diprioritaskan untuk penyuluhan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar lokasi bisnis perusahaan di Teluk Jakarta.
  5. Perusahaan mewujudkan kepedulian sosial dan memberikan kontribusi bagi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.
  6. Pemberdayaan sosial masyarakat melalui pemanfaatan dana yang ditetapkan Perusahaan dalam RKAP.

Organisasi Pelaksanaan

Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan Perusahaan dikelola secara mandiri oleh Sekretaris Perusahaan. Lembaga ini berada di bawah tanggung jawab Sekretaris Perusahaan. Susunan organisasi pelaksanaan ini berlandaskan pada Surat Keputusan No. 00701/NR/D000/Kpts/2012 tanggal 15 Maret 2012.

Pelaksanaan Kegiatan 2015

Pelaksanaan kegiatan CSR dan Lingkungan Perusahaan dilakukan dengan kerja sama dengan para pemangku kepentingan di dalam dan luar Perusahaan. Baik dari unsur pemerintahan maupun masyarakat.

Untuk tahun 2015, fokus kegiatan diarahkan pada lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat, sebagai wujud kontribusi perusahaan terhadap kepedulian lingkungan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah ring 1 Pulau Untung Jawa. Berikut ini beberapa program CSR dan Lingkungan yang sudah dijalankan.