Komitmen Kami

QUALITY, HEALTH, SAFETY, SECURITY & ENVIRONMENT

(QHSSE)

Komitmen Kami

QUALITY, HEALTH, SAFETY, SECURITY & ENVIRONMENT

Corporate Social Responsibility Terhadap Ketenagakerjaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja.

Sumber daya manusia merupakan salah satu pemangku kepentingan utama yang berperan penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Oleh sebab itu, Perseroan senantiasa berupaya melaksanakan tanggung jawab sosial terhadap tenaga kerja pada berbagai aspek, seperti kesejahteraan pekerja, pengembangan kompetensi, perlindungan di tempat kerja dan persiapan memasuki masa pensiun.

Perseroan telah melaksanakan tanggung jawab sosial terkait ketenagakerjaan meliputi program kesehatan dan keselamatan, program peningkatan kualitas dan profesionalisme, evaluasi kinerja, serta program kesejahteraan. Pelaksanaan CSR terkait ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja mengacu pada Undang-Utndang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja serta Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara manajemen dan serikat pekerja. Adapun kebijakan terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perseroan mengacu pada:

01

Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2008.

02

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. OHSAS 18001:2007 dan SMK3 PP 50 Tahun 2012.

03

Sistem Manajemen Lingkungan, ISO 14001:2004.

04

Sistem Manajemen Pengamanan, PERKAP 24/07 dan International Ship and Port Security (ISPS) Code.

Pelaksanaan fungsi di bidang Mutu, Kesehatan, Keselamatan Kerja, Keamanan dan Perlindungan Lingkungan dilakukan oleh Departemen Quality, Health, Safety, Security, and Environment (QHSSE). Perseroan telah melakukan sosialisasi dan menyelenggarakan pelatihan terkait aspek-aspek QHSSE secara berkala melalui media internal yang dapat dijangkau oleh seluruh pekerja, mitra kerja dan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Hal ini menjadi sebuah keharusan karena manajemen Perseroan ingin agar seluruh pekerja, mitra kerja dan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif agar implementasi QHSSE dalam setiap kegiatan operasional dapat berjalan optimal.

Sistem Manajemen Terpadu (SMT)
PT Nusantara Regas

Sebagai perusahaan yang berkomitmen terhadap mutu, keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup, PT Nusantara Regas telah memiliki Sistem Manajemen Terpadu (SMT) yang telah tersertifikasi oleh lembaga sertifikasi sebagai berikut :

1. Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 90001 : 2008

Merupakan standard untuk penerapan Sistem Manajemen Mutu sebagai suatu alat yang diterapkan dalam suatu organisasi untuk memberikan suatu transparansi mengenai aktivitas dalam organisasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kepuasan, dan dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dan pasar. Tujuannya adalah :

  • Menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu
  • Memberikan kepuasan kepada konsumen melalui pemenuhan kebutuhan dan persyaratan proses dan produk yang ditentukan pelanggan dan organisasi.

Sistem Manajemen Mutu PT Nusantara Regas telah tersertifikasi ISO 90001 : 2008 oleh TUV NORD Indonesia dengan nomor registrasi sertifikat : 16 00 K 16147 pada tanggal 1 November 2016 yang berlaku sampai 31 Oktober 2019 dengan lingkup kegiatan : Operasi, Distribusi dan Pemeliharaan.

2. Sistem Manajemen Lingkungan berdasarkan ISO 14001 : 2004

Sistem Manajemen Lingkungan merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan- pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan. Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah.

Tujuan secara menyeluruh dari penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) ISO 14001 sebagai standar internasional yaitu untuk mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran yang seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi.

Manajemen lingkungan mencakup suatu rentang isu yang lengkap meliputi hal-hal yang berkaitan vstrategi dan kompetisi. Penerapan ISO 14001 juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat yang penting yaitu :

  • Meminimalisir dampak negatif (dampak) dari kegiatan-kegiatan (aspek) mereka terhadap lingkungan, seperti menimbulkan perubahan yang merugikan terhadap udara, air atau tanah.
  • Mematuhi peraturan perundangan-undangan dan persyaratan-persyaratan berorientasi lingkungan yang berlaku.
  • Memperbaiki hal-hal di atas secara berkelanjutan.

Sistem Manajemen Lingkungan PT Nusantara Regas telah tersertifikasi ISO 14001 : 2004 oleh TUV NORD Indonesia dengan nomor registrasi sertifikat : 08 04 K 16059 pada tanggal 1 November 2016 yang berlaku sampai 31 Oktober 2019 dengan lingkup kegiatan : Operasi, Distribusi dan Pemeliharaan.

3. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja berdasarkan OHSAS 18001 : 2007

Sistem Manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menurut standar OHSAS 18001:2007 ialah bagian dari sebuah sistem manajemen organisasi (perusahaan) yang digunakan untuk mengembangkan dan menerapkan Kebijakan K3 dan mengelola resiko K3 organisasi (perusahaan) tersebut.
Manfaat penerapan Sistem Manajemen K3 :

  • Mengetahui kelemahan-kelemahan unsur sistem operasional sebelum timbul gangguan operasional, kecelakaan, insiden dan kerugian-kerugian lainnya.
  • Mengetahui gambaran secara jelas dan lengkap tentang kinerja K3 di perusahaan.
  • Meningkatkan pemenuhan terhadap peraturan perundangan bidang K3.
  • Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran tentang K3.
  • Meningkatkan produktivitas kerja.

Komitmen Kami

Tata Kelola Perusahaan

Selengkapnya

Komunikasi

Berita Regas

Selengkapnya